Islamic Development Bank (IDB) Merit Scholarship Programme for High Technology

Islamic Development Bank (IDB) Merit Scholarship Programme for High Technology


Setiap tahunnya Islamic Developement Bank (IDB) memberikan beasiswa Islamic Development Bank Merit Scholarship Programme for High Technology untuk mahasiswa tingkat doktor dan pascadoktor (post-doctoral) untuk mahasiswa pada universitas-universitas terbaik di dunia. Untuk tahun 1433H (2012-2013), mahasiswa penerima akan efektif menerima pada September 2012. Prioritas disiplin ilmu yang dibiayai oleh program ini adalah kesehatan/farmasi, pertanian/produksi pangan, sumber daya air/desertifikasi energy/pengembangan infrastruktur, teknologi nano, dan pengembangan yang fokus pada teknologi informasi dan komunikasi.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, tiket penerbangan dari negara asal ke negara tujuan, tiket penerbangan dan uang saku untuk konferensi, serta fasilitas komputer dan tunjangan lainnya untuk mahasiswa tingkat doktor. Pelamar beasiswa harus warga negara dari negara anggota IDB dan merupakan pegawai tetap dari institusi akademis atau unit penelitian.

Kandidat pelamar juga harus telah mendapat persetujuan atas aplikasi lamarannya dari univeritas tujuan dan diharapkan universitas tersebut terdaftar sebagai salah satu dari 50 universitas terbaik menurut versi Times Higher Education Suplement (THES). Prioritas lebih utama akan diberikan apabila universitas tujuan termasuk universitas yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan IDB, seperti Universitas Cambridge, Universitas Oxford, Universitas Nottingham, dan Universitas Birmingham di Inggris serta ParisTech di Perancis.

Informasi lebih lanjut mengenai prosedur dan untuk mengunduh formulir pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan www.isdb.org. Proses seleksi beasiswa ini harus melalui kantor Gubernur IDB di masing-masing negara, tidak langsung ke Kantor Pusat IDB di Jeddah, Arab Saudi. Mengingat proses seleksi awal harus melalui Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia selaku kantor Gubernur IDB untuk Indonesia, diharapkan dokumen dan kelengkapan aplikasi kandidat penerima beasiswa telah diterima paling lambat tanggal 31 Desember 2011

Unduh file IDB Merit Scholarship